BAHASA INDONESIA BAB 1 TENTANG PEREKONOMIAN

BAHASA INDONESIA BAB 1 TENTANG PEREKONOMIANMENDENGARKAN DAN MENYIMPULKAN ISI WAWANCARA            
Wawancara adalah proses dialog antara orang yang mencari informasi dengan orang yang memberikan informasi. Sebelum menyimpulkan apa yang disampaikan narasumber dalam wawancara, maka perhatikan pokok-pokok yang dapat kita jadikan acuan untuk menarik sebuah kesimpulan.Untuk dapat menulisakan hal-hal penting dari wawancara yang kamu dengar ada 2 hal yang perlu diperhatikan.
1.      Pertanyaan apa yang diajukan oleh penanya
2.      Jawaban narasumber mengenai pertanyaan tersebut BERTELEPON            
Telepon berarti pesawat dengan listrik dan kawat untuk bercakap-cakap antara dua orang yang berjauhan tepatnya atau percakapan yang disampaikan melalui pesawat.           
 Bertelepon berarti kamu berhadapan dengan orang lain walaupun tidak secara langsung bertatap muka. Untuk menghemat biaya bertelepon gunakan kalimat efektif dan harus menghargai lawan bicara dengan cara menjaga sopan santun. Kalimat efektif adalah kalimat yang singkat dan jelas. Singkat artinya menggunakan kosakata secara hemat. Sedangkan jelas artinya tidak menimbulkan penafsiran ganda.
TATA CARA BERTELEPON YANG BAIK 
1.      Ucapkan salam pembuka
2.      Sebukan nama dan tujuan kita menelepon
3.      Lakukan dengan kata-kata hemat tapi jelas dan mudah dipahami
4.      Gunakan bahasa yang santun
5.      Akhiri pembicaraan dengan ucapan terima kasih dan salam.
MEMBACA INTENSIF BUKU BIOGRAFI           
 Biografi merupakan catatan riwayat hidup seseorang tokoh,seperti negarawan, ilmuwan, sastrawan, seniman, dan pengusaha.           
 Membaca intensif merupakan cara membaca yang dilakukan secara seksama terhadap rincian suatu teks atau bacaan. Gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Sedangkan gagasan penjelas adalah gagasan yang perannya menjelaskan gagasan utama.
MENULIS PESAN SINGKAT           
 Memo atau pesan singkat adalh bentuk komunikasi berupa surat yang berisi pesan, saran, petunjuk, perintah, laporan, atau penerangan dari seorang atasan kepada bawahan dalam sebuah instansi atau organisasi.Ada dua jenis memo
1.      Memo resmi
2.      Memo tidak resmiMEMO RESMI biasanya dibuat oleh instansi pemerintah atau organisasi.MEMO TIDAK RESMI dapat dibuat oleh siapa saja.Penulisan pesan singkat harus memperhatikan keefektifan kalimat serta santu berbahasa. Dalam hal ini kamu perlu memerhatikan bahwa penggunaan kalimat efektif, komunikatif, serta kesantunan bahasa dalam sebuah pesan singkat bertujuan agar inti pesan dapat dipahami penerima tanpa menimbulkan pertanyaan atau kesalahpahaman. Beberapa hal yang sering diabaikan dalam penulisan pesan singkat yaitu adanya penggunaan singkatan kata-kata yang tidak lazim serta penggunaan tanda baca.Dalam menulis pesan secara tertulis, perhatikan hal-hal berikut :
1.      Tulislah dengan jelas kepada siapa pesan ditujukan.
2.      Tulislah siapa yang membuat pesan
3.      Tulislah pesan dengan bahasa yang sopan
4.      Tulislah pesan dengan kalimat efektif atau singkat dan mudah dipahami.
Contoh memo tidak resmi
Andi,Ibu pergi ke rumah nenek, tolong jaga rumah sampai ibu pulang                                                                                                                                                                                  Ibu
contoh Memo resmi

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONALSMP NEGERI 7 JAKARTA
Jalan Kalingga No. 20 Jakarta

MEMO
Kepada  : Pembina OSIS
Dari          : Kepala sekolah
Hal         : upacara pahlahan
Sepulang sekolah nanti, tolong saudara latih siswa yang akan bertugas pada peringatan hari pahlawan 10 November 2011. Terima kasih.                                                               
                                                                       
Jakarta,9 September 2011

Kepala sekolah,                                       

Dwi Jayanto, M. Pd.



Comments